April 5, 2012

Menggabungkan Program Java Dengan Database

Bagaimana cara menggabungkan program java dengan database?

Untuk menggabungkan program java agar terkoneksi dengan database ternyata caranya mudah, sengaja saya posting materi yang baru saya dapatkan tadi pada mata kuliah pemrograman java hari ini dengan magsud agar saya sendiri tidak lupa dan dapat berbagi dengan pembaca setia blog saya ini.
Contoh yang akan saya poting ini adalah aplikasi input data NIM dan Nama siswa, sebenarnya ini bisa dikembangkan lagi ke presensi guru, karyawan, dll tergantung kebutuhan namun saya ambil contoh sedikit saja agar lebih mudah dipahami.


Menggabungkan program java dengan database ini disebut juga Java Database Connectivity (jdbc) dan pada pembuatannya pada dasarnya dibagi mjd 5 langkah yaitu :
  1. Menentukan driver app data base yang ingin kita gunakan sebagai penghubung(disini saya menggunakan mysql)
  2. Menentukan alamat koneksi
  3. Membuat koneksi ke database
  4. Membuat statement
  5. Query
Contoh Codingnya :
Public class Main{
       public static void main(String[] args){
try {
      //1. Menentukan driver
Class.ForName("org.gst.mm.mysql.Driver"); => //dalam tanda kurung adalah nama folder driver mysql
}catch(ClassNotFoundException ex){
       System.out.println("Driver Error");
 }
 //2.Menentukan alamat koneksi
       String url="jdbc:mysql://localhost/siswa1"; //=>warna coklat adalah lokasi database
       Srting user="root";
       String pwd=" ";
  }try{
  //3.Membuat koneksi
    Connection koneksi = DriverManager.getConnection (url, user, pwd);
 //4. Membuat Statement
   Statement sttmt = koneksi.createStatement();
  //5. Qwery
  sttmt.executeUpdate ("insert into murid value('003','Sule')");  //text yang berwarna hijau adalah perintah untuk input database,untuk merubah,menghapus tinggal ganti saja perintahnya
  //Agar hasilnya tampil pada comment prom berikut kodenya 
      ResultSet rsSiswa=sttmt.executeQuery("select * from murid");
                while(rsSiswa nex()){
                String nim=rsSiswa.getString(1);
                String nama=rsSiswa.getString(2);
       System.Out.Println(nim+'-'+ nama);
                  Cacth(SQLExeption ex){
        System.Out.Println("Tidak ada database");
     }
  }
}
Itulah Cara Menggabungkan Program Java Dengan Database kalau kurang jelas harap maklum karena untuk pemrograman java saya juga baru belajar.hehehe


◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews

Copyright © 2012. InfoneRoy - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz thanks to Asmawi