April 26, 2012

Desain LAN

Desain LAN : Sebelum anda membangun jaringan terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana mendesain jaringan yang baik agar memperoleh koneksi yang maksimal, maksimal yang dimagsud disini adalah sesuai kebutuhan, dulu saya pernah berfikir sebuah komputer yang berada dalam satu jaringan sudah baik jika sudah terkoneksi dengan parameter ping ternyata saya salah, di mata kuliah jaringan komputer 2 pada bab ccna 3 saya mendapat pelajaran desain lan yang baik, bagaimana penerapannya dilapangan dan lain-lain.

The Hierarchical Network Model

Desain hirarki jaringan membagi jaringan ke lapisan . Setiap lapisan menyediakan fungsi tertentu yang mendefinisikan perannya dalam jaringan secara keseluruhan. Dengan memisahkan berbagai fungsi yang ada pada jaringan, desain jaringan menjadi modular, tiga lapisan tersebut adalah access, distribution, and core




Access Layer
Interface access layer dengan perangkat akhir, seperti PC, printer, dan telepon IP, untuk menyediakan akses ke seluruh jaringan. Lapisan akses dapat termasuk router, switch, jembatan, hub, dan jalur akses nirkabel. Tujuan utama dari lapisan akses adalah untuk menyediakan cara untuk menghubungkan perangkat ke jaringan dan mengendalikan perangkat yang diizinkan untuk berkomunikasi pada jaringan.
Distribution Layer
Distribution layer data yang diterima dari access layer aktif sebelum dikirim ke core layer untuk routing ke tujuan akhir. distribution layer mengontrol arus lalu lintas jaringan dengan kebijakan dan domain dengan melakukan fungsi routing antara LAN virtual (VLAN) pasti pada access layer. VLAN memungkinkan Anda untuk segmen lalu lintas di switch ke subnetwork yang terpisah. Sebagai contoh, di universitas Anda mungkin memisahkan lalu lintas menurut fakultas, mahasiswa, dan tamu. Distribusi switch layer biasanya tinggi kinerja perangkat yang memiliki ketersediaan tinggi untuk memastikan keandalan.

Core Layer
Core layer dari lan desain adalah backbone kecepatan tinggi dari internetwork. core layer sangat penting untuk interkoneksi antar perangkat distribution layer. Daerah core juga dapat terhubung ke sumber daya internet. sehingga harus mampu meneruskan sejumlah besar data dengan cepat.

Manfaat Hirarki Jaringan
  • Scalability : Modularitas yang di desain memungkinkan Anda untuk replikasi elemen desain seiring berkembangnya jaringan
  • Redundancy :
  • Performance : Performance ditingkatkan oleh menghindari transmisi data melalui berperforma rendah, switch perantara.
  • Security : Keamanan ditingkatkan dan lebih mudah untuk mengelola
  • Manageability : Manageability relatif sederhana
  • Maintainability : Maintenain lebih mudah  





◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews

Berlangganan Email

Copyright © 2012. InfoneRoy - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz thanks to Asmawi